Spaghetti Jadi Panutan Hidup

Spaghetti Jadi Panutan Hidup

duniaserbaserbi.web.id  Agama adalah hal yang universal dan tidak dapat dipaksakan oleh siapapun. Kepercayaan manusia diuji oleh besar imannya terhadap siapa yang mereka sembah. Apa yang dipertanyakan adalah,bagaimana jika yang disembah adalah Spaghetti? Berikut ini adalah Artikel mengenai penyembah Spaghetti .

Ini kejadian aneh tapi nyata. Tanpa kitab suci atau simbol agama tertentu, seorang politisi justru mengenakan peralatan dapur saat disumpah. Christopher Schaeffer anggota Dewan Kota Pomfret, New York mengucap janji Kamis lalu dengan mengenakan saringan spageti di kepalanya!

Saringan itu bukan lantaran dia ceroboh, tapi ada tujuannya. Schaeffer mengaku pengikut Pastafarian, sekaligus pendeta ‘gereja’ Monster Spageti Terbang (Flying Spaghetti Monster).”Ini adalah simbol kebebasan berkeyakinan,” kata Schaeffer. “Ini adalah keyakinan tanpa dogma.”Pendiri ‘gereja’ Monster Spageti Terbang, Bobby Henderson tak kalah gembira. “Ini mungkin kali pertamanya penganut Pastafarian disumpah menjadi pejabat publik,” demikian pernyataan dalam situs mereka. “Yang pasti , yang pertama dilantik mengenakan saringan di kepala.”

Mungkin tak banyak yang pernah mendengar soal Pastafarian sebuah keyakinan yang berkaitan dengan pasta: spageti, makaroni, fusili dan lain-lain. Ya, makanan!Kala itu, ia diminta memeriksakan diri ke dokter jiwa–untuk mengecek apakah ia cukup waras untuk mengemudi. Namun setelah tiga tahun, usahanya membuahkan hasil.

Juru bicara kepolisian Austria menjelaskan, izin diberikan karena meski memakai baskom di kepala, toh wajah Alm masih bisa terlihat. “Foto tersebut diizinkan bukan karena alasan agama. Namun, kriteria foto pengakuan SIM adalah seluruh wajah harus terlihat,” kata Manfred Reinthaler, juru bicara Kepolisian Wina, seperti dimuat BBC.
Apa Itu Pastafarian?

Pastafarian dan monster spageti terbang-nya sebenarnya adalah sebuah olok-olok, dengan pemaknaan yang serius. Dalam situs kelompok tersebut disebut, “satu-satunya dogma yang dibolehkan adalah penolakan dogma.”

Baca Juga : Reinkarnasi Gagal Resign Jadi Manusia

Pastafarianisme adalah sebuah kelompok yang dibentuk pada Januari 2005 oleh seorang sarjana fisika lulusan Oregon State University, Bobby Henderson.Kala itu, ia mengirim surat yang mengatasnamakan Flying Spaghetti Monster pada Badan Pendidikan Kansas, Amerika Serikat. Agar diperbolehkan mengajar penciptaan alam semesta versi mereka sebagai alternatif teori penciptaan alam semesta versi Injil.”Saya tidak memiliki masalah dengan agama. Tapi, kalau memang ada zat pencipta yang memang benar-benar pintar, saya menebak pasti dia punya selera humor yang bagus,” tulis Henderson, yang juga ditahbiskan sebagai ‘nabi’ Pastafarianisme.

Tidak mendapat jawaban, Henderson akhirnya membuat situs sendiri, dan mendapat sambutan positif dari banyak pihak. Dari tahun ke tahun, jumlah penganut Pastafarianisme semakin meningkat di kampus-kampus. Pendapatnya populer di dunia maya.Pastafarian menuhankan suatu entitas supernatural yang berbentuk mirip pasta yang melilit dua bakso. Mereka juga menganggap bajak laut adalah makhluk suci yang namanya dicemarkan oleh Gereja Katolik pada era 1800-an.Penurunan jumlah bajak laut dari tahun ke tahun mereka percayai sebagai pemicu semakin parahnya pemanasan global. Selain itu, mereka juga percaya bahwa 50:1 adalah seimbang, dan pemeriksaan keamanan di bandara sangat tak bermoral.

Flying Spaghetti Monster ini juga memiliki beberapa sekte. Salah satu sekte menyatakan bahwa ‘Tuhan’ mereka yang sebenarnya adalah makaroni, bukan spageti. Ada lagi yang memilih fusili.Mereka, bahkan memiliki konsep trinitas Pasta-Meatballs-Holy Sauce, pasta-bakso-dan saus suci.Ada pula hari besar khusus yang jatuh setiap 19 September, yaitu Talk Like A Pirate Day. Pada hari ini, seluruh Rastafarian berpakaian dan berbicara seperti bajak laut.Kini ada ribuan pengikut monster spageti terbang, terutama terkonsentrasi di kampus-kampus di Amerika Utara dan Eropa.Tak perlu heran dan menganggapnya serius, ini hanya kelompok alternatif

Related posts