Perayaan Unik Bulan Imlek

Perayaan Unik Bulan Imlek

duniaserbaserbi.web.id Dipercaya oleh etnis Tionghua tradisi ini bisa membawa keberuntungan untuk etnis Tionghua ada hari Imlek. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Perayaan Unik Bulan Imlek. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Perayaan Unik Bulan Imlek

1. Membersihkan Rumah
Pada umumnya, sebelum perayaan besar masyarakat Indonesia yang merayakan hari besar itu pasti melakukan kegiatan bersama untuk membersihkan rumah.Sama seperti masyarakat Tionghoa.Mereka punya kebiasaan untuk membersihkan serta mengganti perabot rumah tangga yang sudah usang.Tujuannya adalah untuk membersihkan rumah dari kesialan yang menumpuk di tahun sebelumnya.Jadi H-1 menjelang Imlek, rumah harus sudah dalam keadaan bersih dan siap menyambut hari baru di keesokan pagi.

2. Membersihkan Patung Dewa dan Dewi
Ada lagi perayaan unik setiap tahun baru Imlek yaitu, membersihkan patung dewa dan dewi.Ini memang sudah jadi tradisi dari tahun ke tahun penghuni rumah yang merayakannya.Menurut kepercayaan orang Tionghoa, sebelum Imlek, dewa-dewa akan naik ke langit sehingga patung tersebut dalam kondisi kosong.Di saat itulah, patung-patung tersebut dibersihkan sebagai wujud penghormatan pada dewa dan dewi.Siapa yang baru tahu?

3. Tradisi Makan Yu Sheng Bareng Keluarga
Seperti perayaan unik kebudayaan lainnya, tahun baru Imlek menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga besar.Nah, tradisi makan malam bersama keluarga ini menggambarkan rasa syukur kepada Tuhan dan berdoa agar rezeki mereka bertambah di tahun baru ini.Sebelum menyantap Yu Sheng diharuskan menuang taburan bumbu dan saat proses pengadukan makanan juga harus diangkat setinggi mungkin.Proses itu menunjukkan doa dan rezeki yang akan diperoleh ke depannya.Bila semakin berantakan hidangan Yu Sheng di atas meja maka kian sedikit keberuntungan yang di dapat di tahun berikutnya.

4. Makan Pangsit
Memakan pangsit juga jadi perayaan unik yang biasa dilakukan saat Imlek.Dalam bahasa mandarin, pangsit disebut dengan “Jiao Zi” yang artinya menggantikan yang tua.Selain itu, bentuk pangsit yang menyerupai potongan emas digunakan sebagai uang di zaman kuno.Jadi, sepiring penuh pangsit merupakan simbol tumpukan emas besar yang melambangkan kekayaan di tahun mendatang.

Baca Juga : Dekorasi Rumah Dari Celana Jeans

5. Melunasi Utang
Perayaan unik di dunia saat Imlek berlangsung yaitu, melunasi utang-utang yang ada sebelumnya.Termasuk tagihan kartu kredit.Mengapa seperti ini?Karena, jika masih memiliki hutang dari tahun sebelumnya dipercaya utangnya tidak akan bisa terbayar di tahun depan.

6. Melepas Burung Pipit
Ritual melepas burung pipit merupakan perayaan unik yang dipercaya memiliki makna tersendiri.Perayaan unik saat Imlek ini bertujuan untuk meminta keberuntungan serta umur yang panjang.Biasanya masyarakat Tionghoa membeli burung pipit sesuai dengan jumlah umur mereka.Adapula yang membeli 100 ekor sekaligus untuk satu keluarga.

7. Sembahyang Imlek
Bagi orang Tionghoa yang memegang kepercayaan Konghucu saat Imlek harus melakukan sembahyang leluhur sehari sebelum perayaan Imlek.Sembahyang ini dilakukan dengan memberikan persembahan makanan dan minuman seperti arak dan teh.Sementara itu, di pagi Imlek ada tradisi sembayang ke klenteng untuk memanjatkan syukur dan meminta perlindungan di tahun baru.