DUNIA SERBA SERBI PIALA DUNIA

DUNIA SERBA SERBI PIALA DUNIA

DUNIA SERBA SERBI PIALA DUNIA – Tau kah anda kompetisi sepak bola akbar ke 1 piala dunia 1930 ,akan di gelar lagi di tahgun 2022 di qatar !! FIFA telah mengadakan Piala dunia sebanyak 22 kali !!

Pagelaran kompetisi dunia ini pertama kali diadakan pada 13 Juli 1930 di Uruguay dan diikuti 13 negara dari Amerika dan Eropa. Berjarak 92 tahun yang lalu, tentu suasana yang mengisi gelaran ini akan sangat berbeda dengan Piala Dunia yang sekarang. Simak fakta-fakta menarik seputar Piala Dunia 1930 yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

-Diikuti beberapa negara dari Benua Amerika dan Eropa

Jika sekarang pertandingan ini diikuti oleh 32 negara, berbeda jauh dengan awal Piala Dunia yang hanya diikuti 13 tim yang diundang FIFA untuk ikut bermain. Sebagian besar tim berasal dari Amerika, sementara acara tersebut dilaksanakan di Uruguay, Amerika Selatan.
Melansir dari www.fifa.com, Uruguay sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah pagelaran tersebut lantaran mereka telah menjuarai turnamen sepakbola Olimpiade di tahun 1924 dan 1928. Pada saat yang sama, mereka tengah merayakan hari ulang tahun negaranya yang ke-100.
Hanya 4 negara dari Eropa yang bermain saat itu: Rumania, Perancis, Belgia, dan Yugoslavia. Banyak negara Eropa yang menolak ajakan FIFA karena lokasi yang jauh dan mengharuskan mereka menjelajahi Samudera Atlantik.

-Tiga tim Eropa naik dalam satu kapal yang sama

Dengan sulitnya negara Eropa untuk mengikuti Piala Dunia, Jules Rimet (presiden FIFA saat itu) mengupayakan segala cara agar negara-negara tersebut dapat ikut. Maka, panitia pelaksana menyewa kapal bernama Conte Verde untuk mengakomodasi tim asal Eropa.
Conte Verde berangkat dari pelabuhan Genoa pada 20 Juni dengan membawa rombongan tim Rumania. Setelah itu, kapal itu terapung di Villefranche-sur-Mer untuk menjemput tim Perancis, tiga wasit, dan Jules Rimet sendiri yang membawa trofi Piala Dunia. Hingga setelah mereka menjemput Belgia, Conte Verde memulai perjalanannya melewati Samudera Atlantik.
Sebelum menuju Uruguay, dilansir dari www.fifa.com, Conte Verde singgah di Brazil terlebih dahulu untuk menjemput tim Brazil. Perjalanan yang ditempuh kapal ini hingga ke Uruguay berlangsung selama 15 hari. Hanya Yugoslavia negara di Eropa yang berangkat sendiri menggunakan kapal berbeda.