Penyebab Cegukan Berkepanjangan

Penyebab Cegukan Berkepanjangan

Duniaserbaserbi.web.id  – Dilansir dari medicalnewstoday.com, cegukan dapat terjadi karena makan berlebihan, minuman beralkohol atau minuman berkarbonasi atau perasaan kebahagiaan / kejahatan yang berlebihan. Dalam beberapa kasus, cegukan dapat menjadi gejala dari kondisi medis yang lebih serius. Bagi kebanyakan orang, cegukan biasanya hanya berlangsung beberapa menit. Namun kemunduran bisa berlangsung berbulan-bulan, meskipun jarang. Jika lebih dari 48 jam, konsultasikan dengan dokter segera, karena Anda mungkin mengalami salah satu dari penyebab ini!

1. Kamu perlu tahu dulu penyebab cegukan dengan durasi di bawah 48 jam yang paling umum

Dilansir dari mayoclinic.org, beberapa penyebab paling umum dari cegukan yang berlangsung kurang dari 48 jam, antara lain: minum minuman berkarbonasi, minum alkohol terlalu banyak, makan terlalu banyak, kebahagiaan berlebih maupun stres emosional berlebih, perubahan temperatur lingkungan yang mendadak, menelan udara yang dibawa permen karet ataupun mengemut permen. Jika kamu sadar salah satu di atas adalah penyebabnya, segera tangani secara mandiri.

2. Kamu mengalami iritasi atau kerusakan saraf

Penyebab cegukan jangka panjang adalah kerusakan atau iritasi saraf vagus atau saraf frenikus, yang berhubungan langsung dengan otot diafragma. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakan atau iritasi pada saraf-saraf ini termasuk: rambut atau benda asing di dalam telinga yang menyentuh gendang telingamu, tumor atau kista ataupun gondok di lehermu, refluks gastroesofagus, dan radang tenggorokan maupun laryngitis.

Baca juga : Fakta Tentang PTSD (Post Traumatic Stress Disorder)

3. Kamu mengalami gangguan sistem saraf pusat
Tumor atau infeksi pada sistem saraf pusatmu atau kerusakan sistem saraf pusat akibat trauma dapat mengganggu kontrol normal tubuhmu terhadap refleks cegukan. Dalam hal ini, beberapa contohnya termasuk: radang selaput otak, meningitis, sklerosis multipel/multiple sclerosis, stroke, cedera otak traumatis/gegar otak, ataupun tumor.

4. Kamu mengalami gangguan metabolik atau habis menggunakan obat-obatan tertentu
Cegukan jangka panjang dapat dipicu beberapa hal ini, antara lain: minum alkohol yang terlalu berlebih tapi tubuhmu gak cukup kuat menahannya, menggunakan anestesi atau bius tertentu, barbiturat, diabetes, ketidakseimbangan elektrolit, penyakit ginjal, kamu habis menggunakan steroid tertentu ataupun beberapa macam obat penenang. Karena penyebab cegukan ini menandakan sebagai bentuk gejala kondisi yang lebih serius, periksakan segera!

5. Kamu mengalami gangguan emosional atau mental yang serius
Ya, kondisi psikis bisa sangat memicu cegukan yang susah berhenti. Beberapa bentuk gangguan psikis tersebut antara lain: kecemasan, stres, kebahagiaan dalam lebel yang ekstrim maupun kesedihan atau kekecewaan yang besar. Selain perlu segera diperiksakan ke dokter, kamu harus segera menemukan cara untuk menenangkan pikiranmu agar kondisimu bisa serelaks mungkin.

6. Kamu baru saja menjalani operasi
Utamanya bukan operasinya yang menyebabkan cegukan berkepanjangan tersebut. Penyebab utamanya adalah anesthesi atau bius yang digunakan pada proses operasi yang kamu jalani. Namun di beberapa kasus, organ sekitar perut yang terkait dengan proses operasi bisa memicu cegukan tak berhenti-henti tersebut.

Related posts