Beberapa Jembatan Paling Seram dan Ekstrem di Dunia

Beberapa Jembatan Paling Seram dan Ekstrem di Dunia

Duniaserbaserbi.web.id – Spesial untuk Anda yang gemar bepergian ke luar daerah dengan mengendarai kendaraan roda empat seperti mobil, bus, mini bus atau truk, umumnya Anda harus melewati jembatan yang menghubungkan kota tujuan Anda dan kota asal Anda. Jembatan umumnya dibangun sebagai penanda perbatasan, selain menjadi media untuk menyambung dua kota, sarana menyeberang dari satu wilayah ke wilayah lain, atau melintasi sungai, selat atau laut.

Di dunia ini, ada sejumlah jembatan yang dirancang dengan bentuk yang mencengangkan, lantaran arsitekturnya yang ekstrem dan mengerikan, atau letaknya di tempat yang berbahaya.

Berikut 5 di antaranya,

1. Jembatan Royal Gorge – Kolorado

Tidak hanya mendapat julukan sebagai jembatan paling ekstrem di dunia, Royal Gorge juga jadi jembatan gantung tertinggi di Amerika Serikat. Jembatan ini memiliki sedikit sejarah yang menarik.

Dibangun pada tahun 1929, jembatan tersebut sebenarnya tidak memiliki kabel angin yang stabil selama 50 tahun setelah pembentukannya.

Berketinggian 1.200 kaki di atas permukaan tanah, jembatan Royal Gorge menyajikan pemandangan menakjubkan yang dapat Anda nikmati dari berbagai sisi, itu pun bila Anda punya nyali besar dan tidak takut ketinggian.

Royal Gorge pernah menerima penghargaan sebagai jembatan tertinggi di dunia pada tahun 2001 hingga 2012.

Jembatan ini membentang sepanjang 384 meter (1.260 kaki) melintasi Royal Gorge yang megah di Colorado, dengan Sungai Arkansas yang berada di bawahnya.

Hanya butuh enam bulan untuk membangun jembatan. Dua kabel utama masing-masing memiliki berat 200 ton dan terdiri dari 2.100 kabel individu yang dipilin menjadi satu.

1.292 papan kayu dibaut ke dasar jembatan untuk membentuk dek jembatan. Karena tidak ada tiang penopang vertikal ke jembatan, maka jembatan cenderung goyang hanya dengan hentakan pejalan kaki, yang dapat membingungkan ketika kamu menyeberangi ngarai dengan arus sungai yang deras.

Jika tak suka menggunakan jembatan, Anda bisa mencoba gondola udara, yang akan mengnatar Anda ke sisi lain tanpa perlu panik.

Baca Juga : Wanita ini Kira Migrain Ternyata Stroke

2. Jembatan Gantung Hussaini – Pakistan

Jembatan Gantung Hussaini di Pakistan yaang tampak dalam foto di atas adalah versi yang telah diperbarui. Sebelumnya, jembatan ini amat parah kondisinya, dengan kayu yang lapuk, tali yang tampak seperti mau putus, dan tidak terawat lantaran kerap dihantam oleh cuaca.

Jembatan itu terbuat dari tali dan papan. Bila ada angin berembus, jembatan akan bergoyang hebat. Setidaknya sudah ada sepuluh orang yang tewas saat melintasi jembatan, menurut laporan penduduk setempat.

Jembatan tersebut berada di atas Danau Borit di Hunza Atas. Meskipun terlihat berbahaya, bagaimanapun, Hussaini adalah jembatan yang relatif aman dan telah menjadi sesuatu yang menarik perhatian wisatawan.

Banyak turis datang ke jembatan hanya untuk mengambil foto saja tanpa berjalan di atasnya. Namun bagi masyarakat setempat, itu bukanlah sesuatu yang mudah.

Mereka masih secara teratur memanfaatkan persimpangan mematikan itu, bahkan membawa bungkusan besar di punggung mereka saat berjalan menyeberang.

3. Lintasan Danau Pontchartrain – Louisiana

Causeway Danau Pontchartrain atau yang sering hanya disebut Causeway ini terdiri dari 2 jembatan yang membentang sepanjang 38,35 km di atas danau di selatan Louisiana, Amerika Serikat.

Jembatan tersebut sangat menantang, karena tingginya hanya 16 kaki dari air yang amat berombak. Causeaway dibangun pada tahun 1950-an dan dibuka pada tanggal 30 Agustus 1956 untuk jalur yang menuju arah selatan.

Sedangkan untuk jalur yang mengarah ke utara dibuka pada tanggal 10 Mei 1969, sejak saat itu jembatan ini disebut sebagai jembatan paling menakutkan di dunia.

4. Jembatan Eshima Ohashi – Jepang

Ingin merasakan sensasi naik rollercoaster tetapi menggunakan mobil? Mungkin Anda bisa mencoba melintasi jembatan yang ada di Jepang ini. Dengan kemiringan 6,1% dan ketinggian 44 meter, jembatan Eshima Ohashi disebut sebagai jembatan ekstrem di dunia.

Jembatan ini dibangun pada tahun 1997 hingga 2004 di atas Danau Nakaumi, menghubungkan Matsue di Prefektur Shimane dan Sakaiminato di Prefektur Tottori.

5. Jembatan Dewa Huangshan – China

Jembatan Dewa Huangshan atau The Bridge of Immortals adalah salah satu jembatan paling mengerikan yang berada di Huang Shang, China. Gambar di atas adalah jalur yang dibangun di tepi bukit.

Jembatan kecil tersebut masih tidak begitu mematikan, yang lebih mengerikan adalah jalur itu sendiri yang merupakan papan kayu yang ada di pinggir tebing jurang tinggi, dengan pegangan sebuah rantai.

Related posts